Jumat, 28 Januari 2011

Peranan Guru Sebagai Pengajar dan Pembimbing

  • Guru sebagai pengajar


Sebagai pengajar profesional mengajar yang baik bukan sekedar persoalan teknik-teknik dan metedologi belajar siswa. Salah satu tugas guru yang harus dilaksanakan di sekolah adalah memberikan layanan kepada siswa adalah agar mereka menjadi anak didik yang selaras dengan tujuan sekolah. Guru harus memberikan ilmu yang dimilikinya kepada peserta didik dengan rasa tanggung jawab dan dedikasi yang tinggi. Terdapat beberapa hal yang dapat / perlu dilakukan guru dalam pembelajaran yakni:
  1. Membuat ilustrasi
  2. Medefinisikan
  3. Menganalisis
  4. Mensintesis
  5. Bertanya
  6. Merespon
  7. Mendengar
  8. Menciptakan kepercayaan
  9. Memberikan pandangan yang bervariasi
  10. Menyesuaikan metode pembelajaran dengan situasi dan keadaan kelas
  11. Mengevaluasi hasil belajar siswa.
  • Guru sebagai pembimbing
Tugas membimbing memiliki pengertian bahwa guru dapat mengarahkan dan mengendalikan sikap, kemampuan, potensi dan pribadi murid kearah pencapaian tujuan pendidikan yang seutuhnya. Guru harus merumuskan tujuan secara jelas menetapkan, dan tempat proses belajar mengajar, menetapkan jalan yang harus ditempuh, menggunakan petunjuk pengajaran serta menilai kelancaran proses belajar mengajar.
Dapat disimpulkan bahwa sebagai pembimbing guru memerlukakan kompentensi yang tinggi untuk melaksanakn lima tugas pokoknya sebagai pembimbing yaitu:
  1. Merencanakan tujuan dan mengidentifikasi kompetensi yang  akan dicapai
  2. Melihat keterlibatan peserta didik dalam pembelajaran
  3. Memaknai kegiatan belajar
  4. Bekerjasama dengan masyarakat, lembaga dan instansi lainnya untuk keberhasilan pembelajaran dan pengembangan pendidikan kearaha yang lebih baik.
Sehingga pada akhirnya jika guru dapat mengemban tugas sebagai pengajar dan pembimbing dengan baik maka keberhasilan peningkatan mutu serta kualitas pendidikan akan dicapai.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Powered by kurniazone