Jumat, 28 Januari 2011

Teori Piaget

Teori Piaget (Skemata)

Berdasarkan hasil penelitiannya, Piaget mengemukakan bahwa ada 4 tahap perkembangan kognitif dari setiap individu yang berkembang secara kronologis ( menurut usia kalender ).
a)      Tahap Sensori Motor, dari lahir sampai + 2 Tahun.
b)      Tahap Pra  Operasi, dari sekitar umur 2 tahun sampai + 7 Tahun.
c)      Tahap Operasi Kongkrit dari umur 7 tahun sampai 11 Tahun.
d)     Tahap Operasi Formal dari umur 11 tahun sampai Seterusnya.
Pada tahap operasi kongkrit, umumnya anak sudah berada di sekolah dasar. Umumnya anak pada tahap ini telah memahami operasi logis dengan bantuan benda – benda kongkrit.
Peaget mengidentifikasikan adanya 6 jenis konsep kekekalan yang berkembang selama anak berada pada tahap operasi kongkrit yaitu
a)      Kekekalan Banyak ( 6 – 7 Tahun )
Pada usia ini anak sudah mampu memahami konsep banyak yaitu jika suatu benda yang sama banyaknya meskipun dibedakan susunannya banyaknya akan tetap sama.
b)      Kekekalan Materi ( 7 – 8 Tahun )
Pada usia ini anak sudah mampu memahami konsep kekekalan materi yaitu jika 2 materi yang sama banyak, salah satunya dipindahkan ke tempat yang lebih kecil atau lebih besar maka materi tersebut tetap berjumlah sama.
c)      Kekekalan Panjang ( 7 – 8 Tahun )
Pada usia ini anak sudah mampu memahami konsep kekekalan panjang yaitu panjang suatu benda jika diubah bentuknya akan tetap sama
d)     Kekekalan Luas ( 8 – 9 Tahun )
Pada usia ini anak sudah mampu memahami konsep kekekalan luas yaitu luas suatu benda akan tetap sama walau bentuk benda tersebut telah kita ubah.
e)      Kekekalan Berat ( 9 – 10 Tahun )
Pada usia ini anak sudah mampu memahami konsep kekekalan berat yaitu berat suatu benda akan tetap sama walaupun benda tersebut dipindahkan ketempat yang berbeda beda atau di bagi 2.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Powered by kurniazone